recent posts

banner image

Posisi Pekerjaan di Dunia IT

berikut ini adalah beberapa bidang pekerjaan tsb.

1. PHP programer
Quote:PHP disini bukan berarti pemberian harapan palsu tapi salah satu bahasa koding untuk pembuatan website dinamis yang paling populer saat ini. kalo agan mau terjun di dunia perwebsetan harus siap di PHP'in..

2. CI Programer
Quote:agan pasti udah tau apa itu CI, yup Codeigniter gan, salah satu framework php yang sangat populer di seluruh didunia. hampir semua prushaan software house pasti menggunakanny saat ini. Agan jago CI? kalo iya, ane jamin agan ga bakal kesulitan cari kerja, yang penting punya koneksi, pengalaman, portfolio...

3. Web Desainer
Quote:Web desainer.. Seorang web desainer bertanggung jawab untuk membuat desain web dalam bentuk psd (photoshop) atau lebih sering disebut mockup, seorang webdesainer biasany harus minimal punya skill potoshop yang baik, lebih baik lg bisa html css juga. Untuk menjadi seorang web desainer agan tentunya harus punya jiwa seni (sense of art) .. kayak ane

5. Slicing (Slicing psd ke html)
Quote:tanggung jawab seorang html slicer adalah membuat file psd atau jpg yang telah dibuat oleh webdesainer ke bentuk html, ga cuma html , biasany harus bisa membuat ke dalam template wordpress juga. disini html slicer wajib punya skill html css yang baik dan logika yang kuat tentuny lebih baik punya skill wordpress jg, banyak perusahaan sekarang yang butuh slicer untuk bikin template dari psd ke wordpress.

6. Web developer
Quote:Web developer atau pengembang website adalah bidang yang sangat umum, web developer maknanya sangat umum bisa berarti frontend web developer, backend web developer, ci programer, php programer. biasanya yang punya title web developer jobdesk ya campur2 jg bisa frontend/backend web developer, wordpress developer, slicing, sampe tester pula (QA).

7. Front-End Web developer
Quote:seorang frontend web developer bertanggung jawab membuat tampilan depan website saja gan (user interface) tampilan website yang cuma bisa dilihat pengunjung web. seorang frontend developer harus bisa bermain minimal dengan jquery, javascript, html , css, lebih baik juga bisa css framework seperti bootstrap, html5, css3. Karena alasan perkembangan jaman seorang front end web developer saat ini disarankan untuk mampu membuat website menjadi reponsive di semua perangkat (tablet, hp, smartphone, tab, pc dll) dan mampu membuat tampilan website tetap bagus di semua browser (istilahnya crossbrowser). kalo dah ngomongin crossbrowser tantangan terberat seorang frontend adalah Internet Explore , yang pasti bikin galau gan..

8. Back-End Web Developer
Quote:sama seperti frontend web developer bedanya backend web developer membuat bagian belakang web (halaman yng tidak dapat dilihat pengunjung web) seperti halaman administrator yang cuma bisa di buka oleh admin web.

9. Wordpress Developer/Wordpress ninja
Quote:Wordpress , kalau yng belum tahu pasti yang ada di benak agan wordpress itu blog gratisan. Jangan salah gan wordpress ada 2 macam yang buat blog ama wordpress buat bikin web, wordpress juga salah cms untuk membuat web paling populer di seluruh dunia untuk pembuatan web dinamis, alasanya wordpress sangat mudah digunakan , dengan banyak plugin dan banyak pengembang. Tanggung jawab seorang Wordress developer cukup banyak gan, mulai bikin plugin, seting up wordpress, sampe bikin template wordpress..

10. User Interface (UI) Designer
Quote:UI Designer hampir sama sih gan tanggung jawab seorang UI Designer ama Web designer, hanya saja kalo web designer lebih khusus di desain web, sedangan UI Designer mencakup interface applikasi smart phone dan software interface.

11. User Experience (UX) Designer
Quote:Keterampilan utama yang harus dimiliki Seorang desainer User Experience (UX) pada dasarnya adalah keterampilan komunikasi, dimana seorang desainer UX dibutuhkan untuk mengkomunikasikan antara satu dengan yang lain dari kebutuhan pengguna, keinginan stakeholder, dan keterbatasan pengembang. Intinya Seorang UX bertanggung jawab untuk kenyaman suatu sistem, produk atau layanan dari software / website yang dibuat terhadap user/pengguna, seorang UX harus mempu membuat strategi agar sistem yang dibuat tersebut mudah dan nyaman digunakan oleh user gan istilahny user friendly.

12. Quality Assurance (Website Tester)
Quote:Ini adalah proses terakhir sebelum website di launching, Quality Assurance atau Website tester, pekerjaan seaorang QA adalah mencari bug, dan mengecek semua sistem yang telah dibuat apakah semua sudah berjalan dengan baik, apakah tampilannya semua sudah baik, pokoknya Seorang QA bertanggung jawab atas kualitas suatu sistem/website sebelum di launching. Apabila Seorang QA menemukan cacat di website tsb dia harus membuat laporan di mana letak bug/cacat/tampilan yang buruk dari sistem/website tsb maka semua posisi (front end, developer, dll) yang terlibat dalam bug2 tersebut harus benerin gan

13. Graphic Designer
Quote:Ternyata ga cuma perusahaan yang bergerak di bidang advertising aja gan yang butuh graphic designer, nyatanya saat ini banyak ane jumpai perusahaan yang bergerak di bidang software/web development juga membutuh Graphic Designer. Graphic designer saat ini memang banyak di cari gan, terutama bagi mereka yang memang punya jiwa seni di bidang desain (gak cuma bisa secara teknik saja). Seorang Graphic designer biasanya bertanggunga jawab membuat mockup website juga dalam bentuk psd, bikin icon vector, banner web, gambar slide, dll gan.

Bagaimana gan, setelah membaca itu semua agan siap berkarir di dunia perwebsetan? kalo agan emang tertarik berarti ini emang passion agan, pekerjaan apapun yang udah sesuai dengan passion agan, agan tidak akan pernah bosan dengan pekerjaan tsb.


sumber : kaskus.co.id
Posisi Pekerjaan di Dunia IT Posisi Pekerjaan di Dunia IT Reviewed by PajarInside on Agustus 06, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

top navigation

Diberdayakan oleh Blogger.